Monday, October 08, 2007

gajah mati...

Berita yang kudengar sore itu, sontak membuat aku terkejut. Gajah asal Taman Hutan Raya (Tahura) salah satu pesona objek wisata yang bisa dijumpai di sekitar tempat tinggalku Taneh Karo, sana mati saat tiba di Kebun Binatang Medan.

Aku semakin terheran saat membaca lanjutan berita dari harian Global ini :

"Gajah ini tiba di Taman Margasatwa Medan pada 26 September lalu. Kedua gajah tiba dengan berjalan kaki selama berjam-jam. Cara ini ditempuh karena sulitnya menggunakan truk mengangkut ke dua binatang berukuran besar itu. Apalagi, kondisi jalan Berastagi-Medan penuh dengan tikungan dan berbahaya".

Jalan kaki???
Jarak Tahura dengan Medan sendiri berkisar kurang lebih 55 km, dan harus ditempuh oleh seekor Gajah yang berusia 35 tahun. Wah..wah.. manusia saja yang usianya lebih muda juga mungkin bisa mati, kalo caranya seperti ini?

Masalah sulit mengangkut hewan besar ini, menurutku, bukanlah sebuah alasan yang tepat, karena selama ini juga pasokan hewan potong seperti Sapi, Kerbau, yang mungkin jika ditotalkan beratnya sama atau bahkan lebih besar dari berat kedua gajah ini, dari Tanah Karo ke daerah lain juga melewati jalur yang sama.

Aneh...!!!
Apa kata dunia???

No comments: