Friday, June 09, 2006

stereotype!

(- Stereotype is considered to be a group concept, held by one social group about another. They are often used in a negative or prejudicial sense and are frequently used to justify certain discriminatory behaviours. More benignly, they may express sometimes-accurate folk wisdom about social reality.)

Aku teringat, sebuah stereotype yang kulekatkan untuk sebuah marga dalam suku Karo (karena aku seorang suku Karo) sampai saat ini. Sebuah marga yang dalam opiniku, mempunyai sifat ;

- Banyak Bicara
- Sombong (angkuh mungkin lebih cocok)
- Sulit dipercaya

Aku mempunyai alasan untuk memberi stereotype seperti itu, karena aku mengenal A, B, C yang bermarga ini saat SMU, sifat mereka sama dengan yang di atas…setelah bekerja aku kemudian mengenal D , E, F dan sama juga, tentunya sifat mereka ini, kadang sangat mengganggu buatku.

Ditambah dengan sebuah kejadian yang kualami kemarin malam. Kejadian yang aneh, I think, Saat itu aku sedang dalam angkutan berniat untuk pulang ke kost, setelah seharian bekerja di kantor, perasaanku saat itu, letih, gerah, lapar yang bercampur menjadi satu.

Aku duduk berdekatan dengan seorang "X" yang terus berbicara, terus dan terus, dengan temannya yang lain (mereka ber 3 saat itu), pembicaraan yang tidak menarik perhatianku, karena tidak ada isinya sama sekali. Tetapi , sang "X" tetap semangat, bahkan sampai ke tahap menggoda penumpang lain, yang sama sekali tidak kenal dengan dia, penumpang yang malang itu pun terpaksa membalas dengan sebuah senyum kecut.

Aroma kekesalan makin terasa olehku, seakan – akan waktu tempuh dari kantor ke kost menjadi sangat lama, huh…keluhku dalam hati. Tapi tunggu, thanx God akhirnya setelah sekian lama, keberuntungan menghampiriku juga, tibalah saatnya sang “X” turun dari angkutan, karena sudah tiba di tujuannya, ketika turun dari angkutan, dan memberi ongkos, “X” masih sempat membuat lelucon garing pada abang supir, sehingga seorang temannya bertanya kepada teman lainnya, “marga apa sih kok aneh banget?” Oh ..ternyata hanya seorang yang mengenalnya di angkutan ini kataku dalam hati, tapi heran PD-nya luar biasa,

Apa yang menjadi jawaban temannya kemudian yang membuat saya sangat terkejut, “ oh dia itu bermarga #$%@^ ! “…jawab temannya. Damn !!! ternyata mereka semua sama. Aku hanya tersenyum sambil memandang ke luar jendela. Nanti dikira sama!! @ Medan, 8 Juni 2006

1 comment:

Anonymous said...

mmmmmmmmm,mudah mudah bisa menemmukan ABC yg lain dengan format lain.