Thursday, June 28, 2007

kerja tahun

“silahkan, kalo memang tidak merepotkan”
jawaban dari atasanku di kantor, membuat semangatku bertambah, saat aku memberanikan diri meminta ijin untuk meliput acara Kerja Tahun ( pesta tahunan) di Perbesi, Sabtu kemarin.

Jadi, sekalian aku berkumpul dengan sanak saudara, aku juga membawa misi lain (alah) bukannya etnis-sentris, atau narsis, sehingga aku sangat semangat melakoni tugasku kali ini, tapi lebih kepada tantangan bagaimana aku dapat menceritakan tradisi yang sudah akrab denganku sejak kecil, kepada khalayak lain.

Memang, acara Kerja Tahun, sudah sering dibahas di media lain, namun untuk TV Lokal, ini kesempatan yang pertama, wajar kalau aku merasa tertantang dan begitu semangat.
Jam 6 sore, aku tiba di kabanjahe, fhuhhhh…udara dingin kota kelahiran ini, membuatku harus memakai jaket tebal yang kubawa dari Medan, seperti janji sebelumnya, kita akan berangkat ke Perbesi, Minggu paginya, (tidak masalah) tapi yang jadi masalah saat mati lampu mulai jam 7 malam sampai 11 malam, gubraaaaaak!

Paginya, kami berangkat ke Perbesi, melalui jalan lintas propinsi yang rusak parah seperti kubangan kerbau, akibatnya naik mobil sambil ajut-ajutan. Satu jam setengah kemudian, kamipun tiba di rumah pak uda, seperti biasa, langsung disuruh makan, and look at that…my favourite terites ( sop hijau / soto karo ) setelah berbincang akupun dipersilahkan melanjutkan misi ku, mengambil gambar untuk bahan liputan, gambar cimpa unung-unung dan terites, selesai…next aku butuh gambar tudung, atau pakaian adat yang dipakai gadis karo.

Tetapi apa daya, dari informasi yang kudengar, acara gendang guro-guro aron, tidak akan dilangsungkan saat siang dan sore hari, jadi kalaupun aku ingin mengambil gambar, paling tidak aku harus menunggu jam setengah 10 malam, akhirnya aku memutuskan untuk menginap, dan senin pagi, langsung berangkat ke Medan (perlu waktu 4 jam, tiba ke Medan).

Saatnya pun tiba, meski disertai hujan gerimis, dan udara dingin, aku berhasil mengabadikan beberapa gambar, yang akan dipakai untuk melengkapi bahan liputanku kali ini, wah...puas dan bangga, bercampur dengan rasa letih, tidak sabar melihat bagaimana hasil tayangannya besok.

Sampai jumpa tahun depan!!!

No comments: