Saturday, December 02, 2006

deskjobku

Tidak terasa sudah 2 tahun aku bekerja di tempat ini. Dua tahun perjalanan panjang dalam perjuangan karir :p. Memang aku sangat menyukai -sangat bidang pekerjaanku saat ini. Karena dari aku masih kecil, aku selalu merasa kagum dengan yang namanya “televisi”. Aku sangat hafal dengan acara-acara TV dan selalu semangat menonton acara-acara TV, -- TVRI saat itu yang paling top.

Sepertinya ada sesuatu yang sangat menarik minatku ketika menikmati tayangan dari “tabung ajaib” ini. Keingintahuanku tentang bagaimana caranya memindahkan segala sesuatu ke dalam layar kaca. Karena itu juga, aku memutuskan untuk memilih Ilmu Komunikasi sebagai pilihan saat UMPTN 1999.

Waktu SMP aku pernah berkunjung ke TVRI stasiun Medan, sebagai supporter untuk tim cerdas cermat sekolah kami. Sampai sekarang aku masih ingat bagaimana perasaanku, saat melihat studio dengan lampu-lampu di dalamnya, kamera, pembawa acara, ada rasa kagum, bangga, senang, gugup, bercampur menjadi satu, pokoknya semuanya sangat membuatku ingin tahu lebih dalam lagi tentang TV.

Dan sekarang, aku bekerja di TV, aku sangat menikmati pekerjaanku ini. Dengan segala keruwetannya yang ada. Ruwet??? iya, dibalik ke-“seru”an sebuah program TV, ada bermacam kesulitan juga di dalamnya.

Saat ini, kendala yang aku hadapi adalah seputar deskjob yang masih membingungkanku, karena posisiku sekarang menuntut aku untuk:
• Menyiapkan script dan rundown
• Mengatur jadwal shooting untuk Host
• Penanggung jawab saat di lokasi Shooting (semuanya mulai dari lokasi, host telat, juru bicara kepada klient, perijinan etc..)
• Berkordinasi dengan editing, (jangan salah memasukkan logo sponsor, penulisan nama, dsb)
• Mem-push kru untuk on time saat shooting
• Membooking alat
• Mencari nara sumber untuk mengisi acara
• Sampai bertanggung jawab kepada traffic dalam hal penayangan

Kira – kira dengan deskjob seperti ini posisiku sebenarnya sebagai apa. Dalam selembar ID-ku tertulis “jahtera pandia – creative” what???? Creative????don’t you think that I’m a slave!!!

No comments: